Senin, 05 Oktober 2020

Ambilkan Anda nya

Ambilkan Anda nya......

Suasana pagi yang segar setelah hujan turun sebelum subuh tadi membuatku betah duduk berlama lama diteras sambil mendengarkan kicauan burung tetangga yang sahut sahutan. minta makan mungkin hehehehe.  tak terasa fikiranku melayang ke masa silam, ketika masih belajar di pondok. Teringat dengan seorang teman, beliau adalah salah satu pegawai di pondok saya, beliau bertugas sebagai orang yang memperbaiki berbagai perlengkapan santri seperti meja, bangku kelas, lemari siswa dan sebagainya....

Umur beliau jauh lebih tua dari kami, anak beliau pun banyak yang lebih tua dari kami, Karena itulah kami sering memanggilnya Mbah Ni....


Suatu ketika, pada hari jum'at, yang merupakan hari libur di pondok kami, sehingga kami bisa bersantai ria di pagi dan siang hari. Pada pagi hari nya setelah lari pagi, saya dan 3 teman bermain badminton di samping timur gedung utama. Gedung Utama merupakan nama gedung dua lantai yang bertempat di bagian timur pondok. 


Ketika asyik bermain badminton,Mbah Ni lewat sambil membawa tangga dan ditaruh di timur gedung (di sendekne). Ternyata beliau memakai tangga ini untuk naik ke atap gedung untuk memperbaiki ataupun mengganti genting yang rusak. 


Kami pun tetap bermain badminton sambil bersenda gurau. setelah beberapa game,  kami beristirahat sambil tetap tertawa tawa. Hingga datanglah teman kami yang merupakan bagian pengasuhan santri, clingak clinguk sambil bertanya,,," Ust,,,,ada yang tahu tangga ?"  langsung temanku menjawab "tu".. sambil menunjuk ke tangga yang bersandar di dinding.....


Dia pun mengambil tangga sambil bilang " sukron".. terus berlalu, kemudian diikuti teman temanku yang bergerak ke dapur untuk sarapan pagi. Sedangkan aku hanya duduk duduk di taman sambil melihat jalan....siapa tahu ada cewek cantik yang lewat hehehehehe (ngarep)


Tiba tiba angan anganku tentang cewek cantik ini buyar, dihapus oleh teriakan dari atap gedung...." ndro....ndro...." ambilkan anda......!!  saya mendongak sambil teriak..   apa mbah....? " anda dro.....anda dro..." teriak Mbah Ni......

Saya kaget,,,,otak saya bekerja keras mencoba mencerna kalimat Mbah Ni yang masih diatas itu.....sampai akhirnya saya sadar...Mbah Ni adalah orang tua yang jarang berbicara bahasa Indonesia. Sehingga bahasa Indonesia nya campur dengan bahasa jawa.....ternyata "anda" yang dimaksud Mbah Ni adalah terjemahan bahasa jawa dari "ondo" yang artinya "tangga"....

Aku pun tertawa sambil berkata " sebentar Mbah " kemudian segera berlalu mencari anda...ups maksud saya tangga......hehhehehe

1 komentar:

Robi'ah Alma mengatakan...

He he he . ...

Posting Komentar

Pilihan

Judul ini memang merujuk ke hawa panas yg sedang dirasakan sebagian besar kita ya, hawa panas yg mulai menyebar karena akan ada ...